Trik-trik dalam Affiliate Marketing

trik-affiliate-marketingHalo semuanya,

Saya akan membagikan beberapa trik affiliate marketing dalam postingan ini yang saya gunakan saat menghadapi tingkat kompetisi yang ketat atau ketika saya hanya ingin mempercepat progress di niche yang baru.

Salah satu tantangan paling umum yang sering dihadapi situs baru ketika mencoba mendapatkan ranking teratas dari hasil pencarian Google (termasuk juga Yahoo dan Bing) adalah kurangnya kepercayaan Google terhadap domain baru.

Saya pribadi sudah pernah membeli beberapa domain baru dan menjaring backlink sebanyak-banyaknya menuju ke domain baru tersebut namun tetap saja ada beberapa halaman yang nampaknya susah sekali mendapatkan ranking dalam hasil pencarian Google.

Malah yang membuat lebih frustrasi adalah ketika Google memberikan ranking terhadap domain baru dengan cepat di halaman pertama lalu kembali menghilangkannya selama 6 bulan sampai mereka merasa bisa mempercayai domain baru tersebut.

By the way, jika hal ini terjadi pada Anda maka tidak perlu kuatir karena berdasarkan pengalaman saya jika Anda tetap membangun backlink ke domain tersebut maka dalam waktu 6-8 bulan domain tersebut akan kembali berada di peringkat atas hasil pencarian Google.

Namun tentu saja situasi ini bukanlah situasi yang ideal dan merupakan salah satu cara yang tidak akan saya gunakan jika masih ada cara yang lain. Jadi sekarang saya akan memberikan satu trik yang akan membantu Anda agar tidak perlu terlalu sering membangun backlink dan mendapatkan ranking dengan cepat dan konsisten!

Membeli Domain Berumur

Domain yang telah berumur, katakanlah 5 tahun, apalagi yang telah mempunyai pagerank adalah ‘Trust’ instan yang bisa Anda berikan kepada Google!!

Yang perlu dilakukan adalah mencari nama domain yang sedang dijual. Tentu saja nama domain tersebut harus sesuai dengan niche yang Anda target lalu buatlah situs baru di domain tersebut. Google akan mempercayai situs Anda karena menurut Google domain Anda sudah cukup berumur di Internet dan juga sudah mempunyai PageRank.

Yang Perlu Diperhatikan ketika Membeli Domain Berumur

Ketika saya mencari domain yang akan dibeli – saya akan menjelaskan bagaimana saya melakukannya – saya mempertimbangkan umur dari domain tersebut dan melihat apakah domain tersebut sudah mempunyai PageRank. Untuk melihat umur dari sebuah domain Anda bisa membuka situs http://www.networksolutions.com/whois/ lalu lakukan pencarian di search bar maka mereka akan memberikan informasi detil dari domain tersebut.

Dengan melakukan cara di atas maka Anda juga akan mendapatkan informasi pemiliknya sehingga Anda bisa langsung menghubungi mereka dan mengajukan penawaran terhadap nama domain-nya.

Tingkat persaingan dari niche juga akan mempengaruhi hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membeli domain berumur. Seminggu yang lalu saya baru saja membeli satu domain yang berumur 5 tahun dengan PageRank 1 dan total waktu yang dibutuhkan dari mencari sampai memilikinya hanya 24 jam.

Bagaimana Mencari Domain yang sedang Dijual?

Cara termudah dalam mencari domain yang masih berhubungan dengan niche Anda dan yang sedang dijual adalah membuka situs Google dan mulai melakukan pencarian dengan menggunakan query-query seperti di bawah ini:

inurl:keyword “domain name is for sale”
inurl:keyword “buy this domain”
inurl:keyword “website is for sale”
inurl:keyword “domain is for sale”

(ganti kaya ‘keyword’ di atas dengan keyword Anda)

Lalu dengan menggunakan sebuah plugin gratis bernama ‘SEO Quake’ Anda bisa mensortir hasil pencarian Google berdasarkan PageRank. Saya akan menjelaskan cara menggunakan SEO Quake di postingan berikutnya (sabar ya…)

Setelah Anda memasukkan query yang akan dicari, aktifkan SEO Quake lalu sortir berdasarkan PageRank dari yang tertinggi ke yang terendah. Langkah selanjutnya…??

Yah, cari aja domain yang sedang dijual dari hasil pencarian yang Anda dapatkan.

Jika Anda tidak beruntung dengan hasil pencarian tersebut maka Anda bisa saja melakukan pencarian tanpa bagian “domain name is for sale”. Carilah situs yang sudah cukup berumur dan paling tidak mempunyai PageRank 1.

Tipe situs yang Anda cari adalah situs yang tampaknya tidak terlalu serius memikirkan aspek marketing-nya dan tampilannya biasa-biasa saja atau bisa juga situs yang tampaknya hanya menjadi penyalur hobi dari pemiliknya. Situs-situs seperti itu biasanya akan dijual jika ada yang melakukan pendekatan untuk membelinya.

Dengan trik ini saya dapat mulai lebih cepat ketika menggarap niche baru karena halaman-halaman situs saya merespon backlink dengan sangat baik dan mendapat ranking Google jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan domain baru.

Anda sebenarnya tidak perlu melakukan trik di atas karena kebanyakan situs saya juga menggunakan domain baru tapi saya hanya ingin membagikan pada Anda trik-trik affiliate marketing yang kadang-kadang saya gunakan untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Saya harap trik diatas dapat membantu rekan-rekan sekalian.

Edwin
Rahasia Sukses Clickbank dan Pay-per-Click

Informasikan ke rekan-rekan Anda:
  • Facebook
  • Twitter
  • Technorati
  • del.icio.us
  • Digg
  • Google Bookmarks
  • StumbleUpon
  • LinkedIn
  • Reddit
  • Sphinn

Anda suka dengan artikel ini? Isi komentar di bawah untuk melanjutkan diskusi, atau daftar ke RSS Feed dan dapatkan artikel seperti diatas secara otomatis yang dikirimkan setiap hari ke feed reader Anda. Jika Anda tidak punya feed reader maka Anda bisa menerima artikel ini di inbox Anda setiap hari. Klik disini untuk berlangganan.

Trackbacks & Pingbacks

Belum ada trackback/pingback.

Comments

Informasi yang fantastis.
Sayangnya dulu saya belum pernah membaca artikel yang sedetil ini. Akibatnya saya sudah membuang banyak waktu saya dan belum menghasilkan apa-apa.

Well done mastah!

Wow… keren amat tipsnya. Benar bahwa dengan domain baru maka akan sulit mendapat ranking yang baik. Walaupun dengan banyak backlink dibandingkan dengan kompetitor saya masih aja tidak bisa menempatkan situs saya di posisi yang baek. Domain-domain lama ternyata bisa juga dicoba.

Terimakasih udah mau berbagi tipsnya…

Makasih Edwin atas tips-tips yang anda berikan…

Anda sudah menyebutkan poin-poin yang sangat valid. Saya juga punya pengalaman dengan domain baru. Solusinya adalah jagalah usaha promosi Anda tetap rendah dalam 3-4 bulan pertama lalu setelah itu anda boleh meningkatkan promosi secara agresif.

Pengalaman saya, domain baru membutuhkan 7-8 bulan agar bisa mendapat ranking di keyword-keyword yang kompetitif.

Teman2 juga bisa mencari domain lama disini http://www.freshdrop.net/

Menurut Anda, berapa umur dari domain agar dapat sukses dengan trik ini? Ato mungkin faktor umur domain tidak sepenting PR?

Thanks

Hai Edwin, terimakasih atas content-content yang mencerahkan. Postingan Anda selalu penuh dengan informasi berharga. Jika saja saya tau trik ini sebelum membeli domain. Situs saya hanya mempunyai pagerank 0. Dan saya sudah membangun backlink selama beberapa bulan dan sekarang situs saya ada di halaman 1 dan 2 Google untuk keyword yang saya bidik tapi tanpa PR…

Apa ada tips lain yang bisa dilakukan agar mendapat ranking yang baik? Sekarang ini saya punya blog yang terhubung dengan situs saya dan blog tersebut berisi content yang kemudian mengundang orang-orang untuk mengunjungi situs saya. Apakah ini ide yang bagus? Jawaban anda akan sangat saya hargai.

Thanks sekali lagi atas info yang sangat berharga ini.

Walaupun menggunakan domain lama anda tetap bermasalah dalam mendapatkan ranking untuk halaman-halaman baru selama kuranglebih 6 bulan. Saya menambah beberapa produk di domain lama dengan menambah folder baru dan Google sama sekali tidak melirik folder baru tersebut selama 6 bulan. Bingungkan… Contohnya nih http://www.domain.com/brand1 dan http://www.domain.com/brand2

Salah satu halaman di folder brand1 mendapat ranking 1 dari Google tapi produk kompetitor yang ada di folder brand2 membutuhkan waktu yang lama agar dilirik ama Google. Setelah 6 bulan, salah satu halaman dalam folder brand2 muncul dan di-indent dibawah brand1.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara Google bereaksi terhadap content baru di domain lama?

Btw, terimakasih atas seluruh tips yang Anda berikan….

Edwin,

Trik ini sangat sederhana tapi elegan.
Saya akan menggunakan trik ini pada saat membuat situs baru. Seperti yang sudah anda jelaskan, perlu waktu lama untuk mendapat ranking dari Google.
This is GENIUS.

Thank..

Setelah menemukan situs dan mengirim $ (menggunakan PayPal mungkin?), apa langkah berikutnya untuk men-take over situs tersebut? Bagaimana anda bisa yakin kalo andalah satu-satunya yang mengontrol situs itu?

Terimakasi atas inponya. Lagi lanjutin membaca postingan lainnya nih..

- Andre

Fantastis. Saya selalu bingung mengapa halaman-halaman situs saya tak pernah kelihatan di Market Samurai rank checker. Mungkin untuk proyek baru saya akan mencoba trik ini.

Thanks Edwin

Isi Komentar / Feedback dibawah

Baris dan paragraf akan otomatis di-break, alamat e-mail tidak akan ditampilkan, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

(required)

(required)


CommentLuv Enabled